Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Tutorial Cara Optimasi RKT AdSense Yang Aman

Konten [Tampil]

Tutorial Cara Optimasi RKT AdSense Yang Aman -Bingung dengan persentasi RKT adsense yang terlalu tinggi ? Atau khawatir akun adsense dibanned karena RKT yang melebihi 10% ? 

Tenang saja, disini saya akan kembali membongkar trik cara optimasi RKT adsense yang aman agar tidak dibanned permanen. Apa sudah siap menghadapi kepala pusing, panas dan rasa putus asa dalam mempelajari tentang adsense ? Gassss kita mulai tutorialnya !!!

Bagi saya pribadi seorang pubhliser dari mitra program google adsense, tentu saja harus mempelajari semua yang terkait dalam google adsense. Mulai dari cara optimasi CPC agar tinggi, penempatan iklan yang relevan hingga optimasi persentasi RKT adsense agar aman dari banned permanen. 

Banyak sekali opini yang beredar seputar adsense menurut pengalaman pribadi mereka. Namun pertanyaannya, apakah semuanya itu work it ? Ya tentu saja nggak dong !! 

Ada beberapa opini di grup facebook atau pun di forum-forum yang dengan sengaja menurunkan mental para pemula dalam menghasilkan uang dari google adsense. Maka dari itu, disini saya akan membongkar semua tentang adsense. Salah satu yang akan kita bongkar dalam artikel kali ini adalah RKT ADSENSE. 

Apa Itu RKT AdSense ? 

RKT adsense adalah singkatan dari "Rasio Klik Tayangan" iklan yang muncul dalam blog kita. Jadi, persentase RKT adsense ini adalah nilai yang diakumulasi dari jumlah klik iklan yang di dapatkan dari semua tayangan yang tampil di dalam blog. 

Format persentasi RKT adsense sebagai berikut : 

  • RKT laman
Rasio klik-tayang (RKT) laman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan laman.
RKT laman = Klik / Tampilan laman

Misalnya, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan laman, RKT laman Anda adalah 0,8%. (2 / 250 = 0,8%)

Sumber : https://support.google.com/adsense/answer/112026?hl=id

Jadi kita tahu, bahwa persentase RKT adsense ini berasal dari jumlah klik dari hasil tayangan iklan di dalam blog. 

Bagaimana Cara Meningkatkan RKT AdSense ? 

Untuk hal meningkat RKT adsense, ada banyak hal yang harus kita lakukan, beberapa diantaranya adalah ; 

  1. Visitor Blog
  2. Penempatan Iklan

Dua hal di atas sebagai pilar utama dalam meningkatkan persentase RKT adsense. Karena visitor adalah sumber klik iklan dan sebagai penyumbang RKT paling tinggi. Dan juga penempatan iklan dalam blog menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan nilai persentase RKT adsense. 

Untuk mendapatkan visitor, kita bisa mendapatkannya dari berbagai sumber, diantaranya adalah traffic organik (SEO On Page), Media Sosial dan Juga Backlink

Lalu untuk penempatan iklan adsense yang relevan biasanya tempat yang paling cocok di header, sidebar, artikel dan footer.

RKT AdSense Yang Tinggi Apakah Bisa Turun ? 

Sebesar apapun nilai persentase RKT adsense di dashboard, tentu saja ada banyak cara yang bisa kita pakai dalam menurunkannya. Ada beberapa cara yang bisa kalian pakai dalam menurunkan RKT adsense dengan cepat, diantaranya ; 

  1. Kurangi Jumlah Iklan
  2. Jangan Gunakan Floating Ads
  3. Jangan Gunakan Safelink Pada Blog Utama
  4. Cukup Gunakan Auto Ads AdSense

4 Cara menurunkan RKT adsense diatas adalah cara paling efektif dan sangat cepat dalam mengecilkan nilai persentase RKT adsense pada dashboard. 

Apa Saja Penyebab RKT AdSense Tinggi ?

Ada beberapa penyebab yang membuat RKT adsense membengkak dan mengkhawatirkan para pemula dalam menganalisa akun adsense. Kenapa bisa khawatir dengan nilai persentase RKT adsense yang tinggi ? Karena opini menyebutkan bahwa RKT adsense yang 10%+ akan dibanned secara permanen. 

Padahal tentu saja hal tersebut bukanlah opini yang harus dipercayai. Karena pada dasarnya opini tersebut hanya bertujuan membuat para pemula panik. 

1. Terlalu Banyak Pasang Iklan Dalam Satu Blog

Memasang iklan adsense yang sangat berlebihan pada blog tentu saja sangat tidak baik. Selain bisa membengkakkan nilai persentasi RKT adsense, terlalu banyak iklan juga bisa melemahkan performa blog yang akan berakibat blog menjadi lambat ketika di akses. Tentu saja ini kerugian terbesar bagu kita. 

2. Klik Iklan Yang Berlebihan Dari Visitor

Visitor menjadi penentu dalam kemajuan dan perkembangan pada blog. Selain itu, visitor juga mempunyai dampak yang buruk bagi blog kita jika visitor tersebut dengan sengaja atau tidak sengaja klik iklan secara berlebihan. Biasanya hal tersebut terjadi karena dua faktor, diantaranya ; 

  1. Kompetitor Blog
  2. Visitor Awam

Harap waspadai hal tersebut agar RKT adsense berada dalam zona RKT yang tergolong aman. 

3. SafeLink Otomatis Pada Blog Utama

Membuat safelink otomatis pada blog utama adalah salah satu faktor yang sangat rentan meningkatkan RKT adsense dengan sangat cepat. Selain meningkatnya RKT adsense yang sangat cepat, membuat safelink pada blog utama juga sangat tidak direkomendasikan karena rawan terkena patroli tim google adsense yang berujung akun adsense dibanned permanen. 

3 faktor yang menyebabkan RKT adsense tinggi pada pembahasan diatas harus kalian pelajari lebih dalam. 

Di bawah ini saya akan membongkar tutorial cara optimasi RKT adsense agar aman dan penghasilan tetap tinggi tanpa khawatir akun adsense dibanned. 

Tutorial Cara Optimasi RKT AdSense Yang Aman Agar Tidak Dibanned

Pada langkah ini, kalian harus benar-benar mempelajarinya dengan serius. Karena pada intinya, hal ini sangat dibutuhkan oleh kalian sebagai pubhliser google adsense.

Gunakan (3) Iklan Dalam Blog

Untuk menghindari membengkaknya RKT adsense pada dashboard, saya merekomendasikan kalian dengan cukup memasang iklan google adsense tiga saja dalam artikel. 

1. Jangan Gunakan Floating Ads (Iklan Melayang) 

Iklan melayang adsense (floating ads) adalah satu satu dari banyaknya faktor dalam kasus akun google adsense dibanned karena memiliki nilai persentasi RKT adsense yang tinggi. Hal ini tentu saja merugikan blog kita. 

Kalian boleh memasang iklan melayang atau floating ads di dalam blog dengan catatan ukuran lebar dan tinggi yang responsive dan tidak mengganggu visitor blog. 

2. Memasang Script Anti Boom Klik AdSense

Dengan memasang script anti boom klik adsense, maka blog akan  sedikit aman dari tangan orang jahil seperti kompetitor dan orang awam yang tidak paham iklan adsense. Namun script anti boom klik adsense ini kadang bekerja kadang juga nggak. 

3. Pasang Plugin Anti Invalid Click

Berbeda dengan blogger (blogspot) yang harus memasang script anti boom klik adsense, untuk pengguna wordpress tentu saja plugin ini wajib di install pada blog. Karena plugin ini sangat membantu dalam menstabilkan RKT adsense. 

Menurut saya, memasang tiga cara optimasi RKT di adsense sudah cukup untuk menstabilkan nilai persentase RKT adsense pada blog agar aman dan terhindar dari akun dibanned permanen. 

Kesimpulan

Meskipun dalam hal ini kita sudah mempelajari cara optimasi RKT adsense agar aman, tetapi bukan tidak mungkin akun adsense kita dibanned dengan alasan yang lain. Saya rasa, pelajaran yang bisa kita ambil tidaklah banyak, tetapi bisa kita terapkan untuk meminimalisir tingkat yang lebih lanjut. 

Lebih baru Lebih lama