Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

4 Solusi Saat SSD Membeku di Windows 11

Konten [Tampil]

 4 Solusi Saat SSD Membeku di Windows 11 - Masih tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika SSD membeku di PC Windows 11/10 Anda? Untuk membantu Anda, tutorial ini akan mengilustrasikan mengapa hal itu terjadi secara mendetail dan memberikan cara terbaik untuk memperbaikinya.



Bantuan, Samsung SSD membekukan Windows 11!

Beberapa waktu yang lalu saya mengambil SSD SAMSUNG untuk mempercepat laptop saya, meskipun bekerja dengan baik 99% dari waktu, saya mengalami masalah di mana sistem akan benar-benar membeku selama sekitar 1 menit sekarang dan kemudian setiap 3 atau 4 hari. Adakah yang punya ide mengapa SAMSUNG SSD membekukan Windows 10 terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya?


Mengapa SSD membekukan Windows 11?

SSD, kependekan dari solid-state drive, adalah sejenis perangkat penyimpanan yang menggunakan rakitan sirkuit terpadu untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash. Dibandingkan dengan HDD (hard disk drive), SSD memiliki banyak manfaat termasuk kecepatan yang lebih tinggi, konsumsi daya yang lebih sedikit, dan pengalaman bermain game yang lebih baik. Jadi, saat ini, semakin banyak orang memilih untuk menginstal atau migrasikan OS mereka ke disk SSD untuk meningkatkan kinerja PC mereka.


Namun, beberapa mengeluh bahwa SSD mereka kadang-kadang membeku di Windows 11, 10, 8, 7. Mengapa ini terjadi? Dalam konten berikut, saya mencantumkan 4 faktor yang dapat menyebabkan SSD beku di Windows.


  • SSD terhubung ke port SATA yang salah : Ada 3 jenis port SATA untuk SSD dan port yang berbeda memiliki kemampuan transfer data yang berbeda. Jika Anda menghubungkan disk ke port SATA yang salah, maka itu mungkin tidak dapat bekerja dalam kondisi terbaik.
  • Mode AHCI tidak diaktifkan : AHCI adalah mode terbaru untuk perangkat memori, di mana PC dapat menggunakan semua keunggulan SATA, pada dasarnya kecepatan pertukaran data yang lebih tinggi dengan SSD dan HDD, serta hot swapping hard disk. Ketika mode AHCI diaktifkan, kecepatan akses ke file di perangkat memori akan meningkat secara drastis dan kinerja PC Anda secara keseluruhan akan jauh lebih baik.
  • SSD tidak disejajarkan 4K : "Penjajaran 4K" adalah menyelaraskan partisi disk fisik dengan partisi logis PC untuk memastikan efisiensi membaca dan menulis hard disk. Jika tidak disejajarkan dengan benar 4K, SSD harus mengakses dua kali lebih banyak bagian fisik disk untuk operasi file apa pun dan sebagai gantinya, waktu membaca dan menulis bisa lebih lama dan SSD tidak dapat bekerja dengan kemampuan penuhnya. Jadi, sangat penting untuk menjalankan penyelarasan 4K untuk SSD kami.
  • SSD rusak secara fisik : Jika disk SSD Anda rusak secara fisik, tentu saja tidak akan berfungsi secara normal. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menggantinya dengan disk baru danmentransfer data dari SSD yang rusak ke yang baru dengan perangkat lunak manajemen disk pihak ketiga.


Bagaimana cara mencairkan SSD dalam 4 Cara?

Karena kami telah mempelajari mengapa kesalahan pembekuan SSD muncul, saatnya bagi kami untuk menemukan solusi yang sesuai. Dalam konten di bawah ini, 4 metode paling pragmatis disediakan untuk membantu memperbaiki masalah itu.


Metode 1. Periksa apakah SSD terhubung ke port yang benar

Port SATA dirancang khusus untuk transfer data. Namun, penting untuk diingat bahwa sekarang ada 3 jenis port SATA, masing-masing disebut SATA I, SATA II, SATA III. SSD, karena kecepatan tulis dan bacanya yang tinggi, perlu dihubungkan melalui port SATA III karena jenis port ini mampu mentransfer data besar hingga 600MB setiap detik.


Jika SSD terhubung ke port SATA II, kemungkinan besar kecepatan membaca dan menulis tidak kompatibel dan berbagai masalah dan gangguan dapat muncul. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mengalami masalah "SSD membeku" adalah memeriksa apakah SSD terhubung ke port yang benar.



Metode 2. Aktifkan mode AHCI

Seperti disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja PC Anda dengan mengaktifkan mode AHCI. Teruslah membaca dan pelajari cara membuatnya.


  • 1. Pada windows 10, pada kotak pencarian di taskbar, ketik “regedit” dan pilih “Run as administrator”.
  • 2. Ikuti path "HKEY_LOCAL_MACHINE\ SYSTEM\ CurrentControlSet\ Services\ iaStorV. Setelah mencapai iaStorV", klik dua kali pada file "Start" dan ubah value data-nya menjadi 0.


  • 3. Ikuti jalur "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\iaStorAV\StartOverride" dan buka file "0" untuk mengubah data nilainya menjadi 0.


  • 4. Ikuti path "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\storahci", buka file "Start" dan ubah value data menjadi 0.


  • 5. Ikuti path "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ CurrentControlSet\ Services\ storahci\ StartOverride", buka file "0" dan ubah value datanya menjadi 0.


  • 6. Keluar dari Registry Editor, restart PC, dan masuk ke BIOS. Anda disarankan untuk mem-boot Windows dalam mode aman pertama kali setelah restart.
  • 7. Di BIOS, cari pengaturan SATA dan pilih mode untuk perangkat memori. Alihkan ke mode AHCI, simpan pengaturan dan reboot PC Anda.


Ketika Anda telah me-reboot PC Anda, Windows akan mulai menginstal driver SATA, dan setelah selesai, Anda akan diminta untuk restart lagi. Lakukan, dan Windows akan mengaktifkan mode AHCI.


Metode 3. Periksa dan jalankan perataan 4K

Jika hard drive SSD tidak disejajarkan dengan benar 4K, maka, itu tidak akan bekerja dengan kemampuan terbaiknya dan menyebabkan masalah "SSD membeku". Di sini, saya memberikan cara untuk memeriksa apakah disk disejajarkan 4k dan cara menjalankan perataan 4k.


Periksa apakah SSD selaras 4K


  • 1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka kotak “Run”.
  • 2. Di dalam kotak, ketik "msinfo32" dan tekan "OK" untuk melanjutkan.
  • 3. Temukan "Ringkasan Sistem" di kiri atas dan klik dua kali pada "Komponen" di bawah.
  • 4. Di menu tarik-turun, pilih "Penyimpanan" dan kemudian, pilih "Disk".


Temukan "Partition Starting Offset" di sisi kanan untuk melihat apakah nilainya habis dibagi 4096. Jika demikian, disk telah disejajarkan dengan sempurna 4K. Jika tidak, Anda harus menyelaraskannya sendiri. Untuk menyelesaikan tugas ini dengan mudah, saya sarankanProfesional Asisten Partisi AOMEI. Itu dapat menyelaraskan partisi SSD dengan 4K hanya dalam beberapa klik. Saya juga mencoba alat ini di SSD saya yang lain dan hasilnya ternyata sangat memuaskan – tidak ada gangguan dan bug. Terlebih lagi, fitur berguna lainnya termasukMigrasi MBR ke GPT OS, partisi split, dan partisi cepat juga tersedia.

Download PraSist ProDemo

SSD membekukan Windows 11? Coba demo AOMEI Partition Assistant Professional untuk mengatasi masalah ini!

 

  • Langkah 1 . Instal dan luncurkan AOMEI Partition Assistant Professional dan setelah itu, semua disk dan partisi pada PC akan muncul.
  • Langkah 2 . Pilih partisi yang ingin Anda ratakan dan klik kanan padanya. Kemudian, ikuti “Advanced” > “Partition Alignment”.


  • Langkah 3 . Di jendela sembulan, penyelarasan partisi preset ke "4096 Sektor" atau atur ke default. Klik "OK" untuk melanjutkan.
Catatan : Jika partisi sudah disejajarkan, akan muncul notifikasi “Partisi saat ini sudah dioptimalkan sehingga tidak perlu disejajarkan lagi” akan muncul.

  • Langkah 4 . Klik "Terapkan" di kiri atas antarmuka dan kemudian, tekan Lanjutkan" untuk melakukan penyelarasan.

 

Metode 4. Ganti SSD dengan yang baru

Ketika SSD rusak secara fisik, kadang-kadang bisa membeku. Sayangnya, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan SSD baru. Namun sebelumnya, untuk menjaga keamanan semua data pada disk yang rusak dan untuk memastikan Anda tidak perlu menginstal OS lagi, lebih baik Anda mentransfer seluruh data dari disk yang rusak ke disk baru dengan bantuan “Disk Clone” dari AOMEI Partition Assistant Professional. Penyihir".


 Wizard ini hanya dapat mengkloning ruang yang digunakan ke disk lain melalui metode "Klon Disk Cepat", memungkinkan untuk mengkloning SSD ke SSD yang lebih kecil. Selain itu, ia juga dapat mewujudkan kloning sedikit demi sedikit, tidak peduli apakah itu digunakan atau tidak, melalui "Klon Sektor demi Sektor".

  • Langkah 1 . Instal dan luncurkan AOMEI Partition Assistant Professional.
  • Langkah 2 . Pilih "Semua Alat" di wizard kiri atas dan kemudian, pilih "Disk Clone Wizard".


  • Langkah 3 . Pilih metode kloning. Di sini, "Clone Disk Quickly" adalah yang direkomendasikan karena lebih cepat.


Clone Disk Quickly: Clone hanya menggunakan ruang ke disk lain dan diizinkan untuk menyesuaikan ukuran partisi.


Sector-by-Sector Clone: ​​Mengkloning semua sektor ke disk lain, baik yang digunakan atau tidak.


  • Langkah 4 . Pilih disk sumber (SSD yang rusak) dan tekan "Berikutnya".


  • Langkah 5 . Pilih disk target (SSD baru) dan tekan "Next". Kemudian, Anda akan diberitahu bahwa semua data pada disk target akan dihapus. Klik "Ya" untuk melanjutkan.


  • Langkah 6 . Sekarang, Anda akan melihat 3 opsi masing-masing "Klon tanpa mengubah ukuran partisi", "Paskan partisi ke seluruh disk", dan "Edit partisi pada disk ini". Saya sarankan Anda untuk mencentang "Klon tanpa mengubah ukuran partisi" dan tekan "Berikutnya".


  • Langkah 7 . Setelah kembali ke antarmuka utama, tekan "Terapkan" di sisi kiri atas dan klik "Lanjutkan" untuk memulai kloning disk.


Setelah kloning disk selesai, Anda dapat mengganti disk yang rusak dengan yang baru. Hard disk PC Desktop biasanya dipasang di bagian depan bawah penutup menara tengah. Mereka dipasang menggunakan 2, 3, 4, 5, atau 6 sekrup. Selama disk terpasang, Anda hanya perlu mencolokkan kabel data SATA yang terhubung ke motherboard. Kemudian, sambungkan kabel daya ke unit catu daya Anda. Kemudian, cukup reboot PC Anda.


Kesimpulan

Apa yang harus dilakukan ketika SSD membeku? Dalam tutorial di atas, Anda telah mempelajari mengapa masalah pembekuan SSD terjadi dan 4 cara teratas untuk memperbaikinya. Anda tinggal memilih salah satu berdasarkan kebutuhan Anda sendiri. Bagi saya, setelah menemukan SSD saya belum diselaraskan 4K, saya memutuskan untuk menggunakan AOMEI Partition Assistant Professional dan untungnya, itu membantu saya! Kemudian, saya juga mencoba fitur lainnya sepertiKonversi MBR dan GPTdan migrasi GPT ke GPT OS. Jika Anda ingin menggunakannya di OS Server, silakan beralih keEdisi server.

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama