Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

10+ Cara Membuat Token Kripto Menggunakan Platfrom Blockchain

Konten [Tampil]

Cara Mudah Membuat Token Kripto Menggunakan Platfrom Blockchain - "Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan cryptocurrency lainnya telah menggemparkan dunia. Banyak pengusaha menggunakan teknologi blockchain untuk membuat token kripto mereka sendiri untuk memberi daya pada aplikasi berbasis blockchain baru mereka. 



Apakah Anda berencana untuk membuat bisnis yang didukung oleh teknologi blockchain? Pelajari cara membuat token kripto.


Kami dapat memandu Anda, berkat keahlian pengembangan blockchain kami yang komprehensif. Berikut ini adalah beberapa contoh proyek blockchain kami:


Sebuah solusi perdagangan algoritmik : Sebuah tim mengembangkan solusi perdagangan algoritmik yang melibatkan 4 pertukaran kripto.

  • DDKoin : Tim pengembangan blockchain dari DevTeam.Space mengembangkan DDKoin, jaringan cryptocurrency/blockchain.
  • Medicoin : Tim DevTeam.Space menciptakan Medicoin, aplikasi web berbasis blockchain untuk mengelola data terkait perawatan kesehatan dengan aman.

Mari menyelam lebih dalam."

 

MENGATUR KONTEKS: MEMBUAT CRYPTOCURRENCY VS TOKEN CRYPTO

Banyak orang menggunakan kata cryptocurrency dan crypto-token secara bergantian, namun keduanya tidak persis sama. Anda dapat melihatnya sebagai satu kelas aset, yaitu aset digital. Namun, karakteristik pendefinisian mereka berbeda-beda.


Cryptocurrency

Anda dapat menggunakan cryptocurrency sebagai alternatif mata uang fiat seperti USD. Anda dapat membayar barang dan jasa menggunakan cryptocurrency jika pedagang menerimanya. Bitcoin (BTC) adalah contoh yang bagus. Ether (ETH), token asli dari blockchain Ethereum adalah contoh lain.


Ada cryptocurrency lain, dan dunia crypto sering menggunakan istilah “altcoin” untuk mereka. Ripple, Litecoin, Dogecoin, dll. adalah beberapa contohnya.


Token cryptocurrency harus memiliki jaringan blockchain sendiri. Jaringan blockchain mungkin menggunakan algoritma konsensus seperti “ Proof of Work ” (POW), “Proof of Stake” (PoS), dll. Pengguna biasanya membayar biaya transaksi.


Pengguna harus dapat memperdagangkan mata uang kripto di bursa kripto populer seperti Binance. Cryptocurrency adalah token kriptografi. Penciptanya mengembangkannya menggunakan standar kriptografi yang ditetapkan.


Token kriptografis

Token crypto mungkin belum tentu cryptocurrency. Anda dapat membuat token kriptografi menggunakan platform blockchain yang ada seperti Ethereum. Pengguna mendapatkan semua manfaat dari platform blockchain, misalnya, keamanan terdesentralisasi, kunci pribadi, dll.


Anda memiliki kasus penggunaan selain pembayaran untuk token kripto. Berikut ini adalah beberapa contoh:


  • Anda ingin pengguna mengakses aplikasi blockchain Anda, oleh karena itu, Anda menawarkan token utilitas .
  • Tokenisasi kontrak investasi sekuritas membutuhkan token keamanan.
  • Anda membuat aplikasi untuk memperdagangkan barang koleksi digital, oleh karena itu, Anda memerlukan NFT (non-fungible token).
  • Anda sedang membangun platform real estat terdesentralisasi dengan token kriptografi.


DIJELASKAN: MEMBUAT TOKEN KRIPTO MENGGUNAKAN PLATFORM BLOCKCHAIN

Membuat token kriptografi melibatkan hal berikut:


1. Bentuk tim untuk definisi dan perencanaan proyek

Bangun tim kecil yang dipimpin oleh seorang manajer proyek (PM). Tim ini membutuhkan seorang arsitek perangkat lunak dan beberapa analis bisnis. Cari orang yang kompeten dengan pengalaman blockchain.


Tim ini harus melakukan hal berikut:

  • Buat kertas putih jika Anda berencana untuk meluncurkan ICO (Initial Coin Offering);
  • Kumpulkan persyaratan fungsional berdasarkan kasus penggunaan Anda, misalnya, platform real estat terdesentralisasi, manajemen identitas terdesentralisasi, dll.;
  • Tentukan persyaratan non-fungsional seperti skalabilitas, kinerja, rawatan, dll.;

  • Menyelesaikan ruang lingkup proyek;
  • Identifikasi platform dan alat pengembangan blockchain;
  • Buat rencana proyek yang komprehensif.
  • Konsultasikan panduan perencanaan proyek blockchain kami jika Anda memerlukan bantuan.


2. Memutuskan jenis token kripto yang akan dibuat, misalnya stablecoin, token utilitas, dll.

Anda perlu memutuskan jenis token kriptografi yang akan dibuat untuk bisnis Anda. 3 jenis token adalah sebagai berikut:


  • Token utilitas: Anda menggunakannya jika Anda ingin memberikan akses ke platform berbasis blockchain Anda kepada pelanggan. Banyak perusahaan yang meluncurkan ICO membuat token semacam ini. Storj , platform penyimpanan cloud terdesentralisasi adalah contohnya. 
  • Token komoditas: Anda dapat membuat token kripto yang didukung oleh aset dunia nyata lainnya. Harga token tergantung pada aset yang mendasarinya. Stablecoin adalah contoh yang bagus. Tether , stablecoin memiliki harga yang dipatok ke USD.
  • Token keamanan: Token keamanan adalah kontrak investasi sekuritas tokenized. Penerbit token keamanan mematuhi peraturan sekuritas. Mereka terdaftar di regulator seperti SEC (Securities and Exchange Commission) di AS. Aspen Coin adalah contohnya. 


3. Memilih Ethereum, platform blockchain untuk membuat aset digital

Kami menyarankan Anda menggunakan Ethereum untuk mengembangkan aset kripto. Ini menawarkan Ethereum Virtual Machine (EVM), platform populer untuk mengembangkan aplikasi blockchain.


Anda dapat membuat kode kontrak pintar menggunakan Solidity, bahasa pemrograman eksklusif Ethereum. Kontrak pintar adalah potongan kode dengan karakteristik berikut:


  • Mereka adalah sumber terbuka.
  • Mereka berisi pernyataan "Jika-Lalu-Lain", dan mereka mentransfer aset kriptografi berdasarkan kondisi yang telah ditentukan.
  • Kontrak pintar dijalankan secara mandiri.
  • Anda tidak dapat mengubah kontrak cerdas setelah menerapkannya.
  • Hasil eksekusi kontrak pintar tidak dapat diubah.

Anda dapat mengembangkan aplikasi terdesentralisasi (DApps) di blockchain Ethereum. DApps adalah aplikasi web dengan karakteristik sebagai berikut:


Anda dapat mengkodekan front-end dengan teknologi apa pun, namun, DApps harus menjalankan kontrak pintar di back-end.

  • DApps adalah sumber terbuka.
  • DApps menyimpan data pada blockchain yang terdesentralisasi.
  • Anda dapat memodifikasi DApp hanya setelah mencapai konsensus di komunitas pengguna.
  • Tidak ada pengguna yang dapat memegang sebagian besar token kripto.
  • Ada ekosistem yang kaya dari alat pengembangan blockchain Ethereum.


4. Memutuskan jenis token kripto Ethereum yang akan dibuat

Anda telah menyelesaikan persyaratan bisnis Anda, yang mencakup jenis aset digital yang akan dibuat. Ethereum memiliki standar yang berbeda untuk token kripto. Anda sekarang perlu memutuskan standar Ethereum yang akan digunakan. Pelajari standar berikut:


TOKEN YANG BISA DIPERTUKARKAN

Token yang dapat dipertukarkan paling sering tersedia. Salah satu token tersebut persis sama dengan token yang dapat dipertukarkan lainnya dari proyek blockchain-crypto yang sama. Ethereum menawarkan standar ERC-20 untuk ini.   


TOKEN YANG TIDAK DAPAT DIPERTUKARKAN (NFT)

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) adalah aset kripto yang unik. Satu NFT berbeda dari NFT lain dari proyek yang sama. Banyak organisasi menggunakannya untuk menandai seni digital dan koleksi digital. Ethereum menawarkan standar ERC-721 untuk ini.


STANDAR UNTUK MENGELOLA TOKEN YANG DAPAT DIPERTUKARKAN, SEMI-SEPADAN, DAN TIDAK DAPAT DIPERTUKARKAN

Apakah Anda perlu mengelola token yang dapat dipertukarkan, semi-sepadan, dan tidak dapat dipertukarkan? Gunakan standar Ethereum ERC-1155.


STANDAR ETHEREUM UNTUK TOKEN KEAMANAN

Ethereum menawarkan standar seperti ERC-1400 dan ERC-1404. Anda dapat menggunakannya jika Anda berencana untuk mengeluarkan token keamanan. ERC-1400 adalah standar umum untuk token keamanan. ERC-1404 memasukkan batasan transfer, yaitu siapa yang dapat membeli/memiliki token keamanan.


5. Mempekerjakan tim pengembangan blockchain Ethereum

Anda perlu mempekerjakan orang yang berpengalaman untuk peran berikut:


  • desainer UI;
  • Pengembang blockchain Ethereum dengan keterampilan Soliditas; 
  • Penguji.
  • Anda mungkin berpikir untuk mempekerjakan pengembang di platform lepas, namun, kami tidak menyarankan itu. Platform freelance tidak menawarkan dukungan manajemen proyek apa pun. Proyek Blockchain bisa menjadi rumit, dan mengelolanya dengan pekerja lepas paruh waktu bisa jadi sulit. Anda perlu mencari pengganti jika pekerja lepas meninggalkan proyek di tengah jalan.


Pekerjakan dari perusahaan pengembangan perangkat lunak yang dapat dipercaya. Mereka menawarkan pengembang penuh waktu. Perusahaan semacam itu memberikan dukungan manajemen, dan mereka menawarkan pengganti jika terjadi pergantian. 


6. Memasang alat yang diperlukan untuk bekerja dengan platform blockchain Ethereum

Instal alat berikut dengan mengikuti petunjuk di situs web mereka atau Github:


  • Eth-lightwallet : Anda perlu membeli Ether, oleh karena itu, Anda memerlukan dompet kripto. Eth-lightwallet adalah dompet yang mudah digunakan.  
  • Ganache : Ini adalah klien blockchain Ethereum yang mudah digunakan.
  • Web3.js : Web3.js adalah Ethereum JavaScript API untuk berkomunikasi dengan jaringan Ethereum.
  • Truffle : Truffle adalah lingkungan pengembangan untuk Ethereum. Anda dapat menggunakannya untuk mengatur, mengkompilasi, menguji, dan menerapkan kontrak pintar.     
  • MetaMask : Ini adalah ekstensi browser dan juga dompet kripto. MetaMask memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan Ethereum bahkan jika Anda tidak menjalankan node penuh. Anda memerlukan Eter tiruan untuk menguji kontrak pintar, dan Anda dapat menggunakan MetaMask untuk ini. 


7. Mengonfigurasi alat untuk digunakan dengan jaringan blockchain Ethereum

Gunakan panduan pengembangan blockchain Ethereum kami untuk mengonfigurasi alat yang disebutkan di atas: 


  • Buat kunci publik dan pribadi Anda untuk eth-lightwallet.
  • Siapkan kata sandi dan benih pribadi Anda untuk MetaMask. 
  • Buka Ganache dan jalankan sebuah instance.
  • Konfigurasikan “aconfig.js” agar Web3.js dapat bekerja.
  • Perbarui file “config.js” Anda dengan informasi kunci privat dan publik dari eth-lightwallet.
  • Hubungkan MetaMask ke Ropsten . Ropsten adalah testnet, yaitu, "jaringan uji" untuk menguji kontrak pintar Ethereum.


8. Mengembangkan kontrak pintar untuk membuat token kripto

Untuk mengembangkan token kriptografi menggunakan platform blockchain Ethereum, pada dasarnya Anda membuat kontrak pintar. Gunakan standar Ethereum yang sesuai, misalnya ERC-20, ERC-721, dll.   


Gunakan Remix , sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan kontrak pintar Ethereum. Anda perlu mengkodekannya menggunakan Solidity. Gunakan Truffle untuk mengatur kontrak pintar Anda.


9. Membuat kontrak pintar untuk membangun Ethereum DApp (Aplikasi terdesentralisasi)

Mengembangkan DApp Ethereum melibatkan pembuatan front-end dan back-end. Untuk back-end, Anda perlu mengembangkan kontrak pintar lagi. Kode kontrak pintar menggunakan Remix.


Jaga agar logika kontrak pintar tetap sederhana karena alasan berikut:


  • Anda perlu meninjau dan menguji kontrak pintar secara menyeluruh. Seseorang tidak dapat mengubah kontrak pintar setelah menerapkannya. Anda akan lebih mudah meninjau dan men-debug kode sederhana. 
  • Menjalankan kontrak pintar membutuhkan Eter. Logika kompleks dan persyaratan komputasi dalam kontrak cerdas memerlukan mode Eter.  


10. Meninjau kode blockchain

Anda memerlukan audit kode blockchain terstruktur termasuk mengaudit kontrak pintar . Proses ini harus mencakup tinjauan kode secara manual dan otomatis. 


Peninjau perlu melakukan hal berikut untuk audit kode blockchain yang komprehensif :


  • Dapatkan versi kode sumber yang dikunci;
  • Memahami proyek dan mempelajari dokumentasinya;
  • Melakukan tinjauan kode awal;
  • Memiliki analisis kode statis;
  • Analisis kualitas kode;
  • Cari kerentanan umum;
  • Melakukan analisis fungsionalitas;
  • Cari peluang pengoptimalan;
  • Laporkan semua kesalahan dan saran;
  • Lacak item tindakan untuk penutupan.


Peninjau harus mencari kesalahan umum berikut:


  • Masuk kembali;
  • Membayangi variabel;
  • Pointer penyimpanan yang rentan;
  • Luapan dan arus bawah;
  • Kesalahan yang dapat memfasilitasi serangan DoS (Denial of Service);
  • Validasi tanda tangan kriptografi yang salah;
  • Menghasilkan angka acak dengan cara yang tidak aman;
  • Ketergantungan stempel waktu;
  • Membuat asumsi yang salah saat memesan transaksi;
  • Masalah kontrol akses;
  • Kurangnya pemeriksaan nilai yang dikembalikan dari panggilan tingkat rendah; 
  • Serangan alamat pendek.


11. Menguji kontrak pintar blockchain Ethereum

Lakukan hal berikut untuk menguji kontrak pintar Anda:


  • Beli dummy Ether untuk menguji kontrak pintar. Dapatkan dari Faucet Eter MetaMask. Anda akan menggunakannya di Ropsten. Karena ini adalah jaringan uji, Ropsten tidak membutuhkan Eter asli. 
  • Pastikan Anda memiliki koneksi terbuka antara MetaMask dan Ropsten.
  • Navigasikan ke Remix, dan terapkan kontrak pintar Anda ke Ropsten. Konfirmasikan tindakan ini di MetaMask.
  • Uji kontrak pintar secara menyeluruh dengan menjalankan semua kasus uji yang relevan.


12. Menyebarkan kontrak pintar untuk membuat DApps dan aset kripto

Ambil langkah-langkah berikut untuk menerapkan kontrak pintar di jaringan utama Ethereum:


  • Beli Ether asli dari pertukaran crypto seperti Binance.
  • Pastikan Anda menjalankan instance Ganache.
  • Arahkan ke direktori Truffle yang sesuai tempat Anda menyimpan kontrak pintar.
  • Jalankan perintah "Truffle deploy" untuk menerapkan kontrak pintar Anda. 

Selamat! Anda baru saja mengembangkan, menguji, dan menerapkan token kripto dan DApp di jaringan blockchain Ethereum! 



PIKIRAN TERAKHIR

Kami menjelaskan bagaimana Anda dapat membuat token kripto menggunakan platform blockchain Ethereum. Tergantung pada kebutuhan Anda, proyek ini bisa rumit. Hubungi DevTeam.Space jika Anda memerlukan bantuan untuk proyek semacam itu.


FAQ

1. Apakah saya memerlukan ahli kriptografi untuk membuat aset digital di Ethereum?

Membuat aset kripto di Ethereum membutuhkan kemampuan untuk membuat kode, menguji, dan menerapkan kontrak pintar Ethereum. Pengembang tidak perlu mengembangkan algoritma kriptografi baru untuk ini. Mereka membutuhkan pemahaman dasar tentang kriptografi, namun, mereka membutuhkan keterampilan pengembangan Ethereum.  


2. Apakah membuat aset kripto menggunakan blockchain yang ada lebih mudah daripada membangun blockchain saya sendiri?

Membuat aset digital menggunakan jaringan blockchain yang ada seperti Ethereum lebih mudah daripada membuat jaringan blockchain baru. Anda dapat menggunakan ekosistem alat yang kaya untuk membuat Ethereum DApps. Membuat blockchain baru melibatkan pengembangan dari awal termasuk jaringan.  


3. Dapatkah DevTeam.Space membantu saya mengembangkan aplikasi DeFi (Keuangan Terdesentralisasi)?

Sebagian besar aplikasi DeFi menggunakan platform blockchain Ethereum, dan kami ahli di dalamnya. Kami telah mengembangkan aplikasi yang melibatkan berbagai rasa DLT (Distributed Ledger Technology) termasuk jaringan blockchain publik dan pribadi. Kami dapat membantu Anda membuat aplikasi DeFi. 

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama