Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Cara Melaporkan Pesan di WhatsApp

Konten [Tampil]

 Cara Melaporkan Pesan di WhatsApp - WhatsApp memiliki fitur moderasi obrolan yang memungkinkan Anda melaporkan percakapan yang mencurigakan. Fitur ini dimaksudkan untuk mengekang ujaran kebencian dan misinformasi di platform, serta mengurangi spam. Sementara aplikasi perpesanan telah memungkinkan pengguna untuk melaporkan kontak untuk waktu yang lama, WhatsApp sekarang meluncurkan kemampuan untuk melaporkan pesan individual juga. 



Jadi untuk memberi Anda pandangan yang lebih baik tentang cara mengatasi spam, penyalahgunaan, atau kesalahan informasi, kami telah menyusun panduan mendalam tentang cara melaporkan pesan WhatsApp.


Laporkan Pesan di WhatsApp: Panduan Langkah demi Langkah (2021)

Pertama kali ditemukan oleh keterangan rahasia WABetaInfo , WhatsApp saat ini sedang menguji opsi untuk melaporkan pesan individual dalam versi beta. Ini langsung di WhatsApp versi beta 2.21.19.15 dan yang lebih baru. Jika Anda tidak menggunakan versi beta, kami juga telah menambahkan langkah-langkah untuk melaporkan kontak, yang pada gilirannya membagikan lima pesan terbaru dengan WhatsApp. Jadi tanpa lebih jauh, mari kita langsung masuk!


Mengapa Anda Harus Melaporkan Pesan WhatsApp?

Melaporkan pesan WhatsApp membantu menghindari interaksi yang tidak diinginkan di platform. Anda dapat melaporkan pesan jika bersifat bermasalah atau merupakan pesan spam. Setelah Anda mengirimkan laporan, moderator WhatsApp akan meninjaunya dan bahkan mungkin mencekal pengguna jika mereka melanggar Persyaratan Layanan perusahaan.


Selain itu, bertentangan dengan laporan terbaru , melaporkan pesan atau kontak spam tidak merusak praktik enkripsi ujung ke ujung (E2EE) WhatsApp. Aplikasi perpesanan mengirimkan salinan lima pesan terakhir dari kontak yang Anda laporkan. Itu tidak membagikan seluruh riwayat obrolan dan merusak enkripsi ujung ke ujung dengan cara apa pun.


Cara Melaporkan Pesan WhatsApp Individu

1. Buka percakapan yang berisi pesan yang berpotensi berbahaya atau spam. Di sini, tekan lama pada pesan dan ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas untuk melihat lebih banyak pengaturan.


2. Tekan opsi 'Laporkan' yang baru untuk melangkah lebih jauh. Perlu disebutkan bahwa opsi Laporkan hanya akan muncul bila Anda memilih satu pesan. Melaporkan beberapa pesan tidak didukung saat ini, tetapi ada solusi di bagian berikutnya.


3. Sebuah pop-up sekarang akan muncul mengklarifikasi bahwa pesan akan diteruskan ke WhatsApp , tetapi yakinlah, itu tidak akan memberi tahu kontak tersebut. Tekan tombol 'Laporkan' untuk menandai pesan yang berpotensi berbahaya. Anda juga dapat memilih untuk memblokir kontak dari kanan layar ini dengan memilih kotak centang 'Blokir kontak'.


Cara Melaporkan Tampilan WhatsApp Sekali Foto atau Video

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan opsi untuk mengirim foto dan video yang menghilang yang disebut View Once ke pengguna di seluruh dunia. Foto dan video ini akan hancur sendiri setelah Anda melihat kontennya. Sekarang, jika seseorang membagikan konten yang berpotensi sensitif atau berbahaya menggunakan Lihat Sekali dengan Anda, laporkan foto dan video tersebut dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:


1. Buka jendela percakapan dan tekan lama pada pesan Lihat Sekali. Kemudian, ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas layar. Pilih opsi 'Laporkan' di sini untuk membagikan konten pesan yang hilang itu dengan WhatsApp.


2. Dari pesan pop-up yang muncul, ketuk opsi 'Laporkan' sekali lagi untuk mengonfirmasi pilihan Anda dan melaporkan konten Lihat Sekali pengguna.


3. Atau, Anda juga dapat melaporkan kontak saat melihat foto atau video yang hilang. Cukup ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas dan pilih opsi 'Laporkan [nama kontak] .


Cara Melaporkan Kontak WhatsApp atau Obrolan Spam

Jika obrolan memiliki beberapa pesan yang ingin Anda laporkan, pilih untuk melaporkan kontak tersebut. Dengan cara ini, lima pesan terakhir dari orang tersebut akan diteruskan ke WhatsApp .


1. Untuk memulai, buka jendela obrolan, ketuk ikon menu tiga titik, dan pilih 'Lainnya' .


2. Kemudian, ketuk 'Laporkan' dan tekan 'Laporkan' lagi dari pop-up yang muncul. Anda dapat memblokir kontak dan menghapus percakapan di pihak Anda dengan memilih kotak centang 'Blokir kontak dan hapus obrolan'.


Tindakan Ekstrim: Blokir Kontak di WhatsApp

Sekarang, jika Anda menerima teks spam, konten yang berpotensi berbahaya melalui View Once, atau konten bermasalah lainnya bahkan setelah Anda melaporkan kontak WhatsApp dan pesan mereka di masa lalu, inilah saatnya untuk mengambil tindakan ekstrem. Anda harus memblokir kontak tersebut dari WhatsApp, dan kami akan mengajari Anda cara melakukannya di sini:


1. Buka percakapan, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas. Dari menu tarik-turun, pilih 'Menu', diikuti dengan opsi 'Blokir' .


2. Dari menu pop-up yang sekarang muncul, ketuk opsi 'Blokir'. Anda juga dapat memilih untuk melaporkan kontak sekali lagi sambil memblokirnya secara bersamaan dengan memilih opsi 'Laporkan dan Blokir'.


3. Atau, Anda dapat mengetuk nama kontak atau nomor telepon di bagian atas dan gulir ke bawah ke bawah untuk menemukan opsi 'Blokir' .


Laporkan Pesan WhatsApp dalam Langkah Mudah

Anda dapat mempertimbangkan untuk melaporkan setiap pesan jika itu jelas merupakan pesan spam. Untuk percakapan lain, sebaiknya gunakan opsi laporkan kontak untuk melaporkan beberapa pesan sekaligus akan menjadi opsi yang lebih baik untuk memberikan konteks kepada moderator. 


Jadi ya, mengingat ini dalam versi beta, seharusnya tidak lama sebelum perusahaan membawa fitur pelaporan pesan individual ke semua pengguna melalui versi stabil. Setelah Anda melaporkan pesan tersebut, Anda dapat terus menggunakan semua trik WhatsApp terbaik , termasuk opsi untuk menggunakan WhatsApp sebagai 2FA di Instagram .

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama