Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Windows Media Player Tidak Bisa Dibuka? Coba perbaikan ini

Konten [Tampil]

 Windows Media Player Tidak Bisa Dibuka? Coba perbaikan ini - Windows Media Player telah menjadi pemutar media default untuk Windows cukup lama hingga digantikan oleh aplikasi lain di Windows 10. 



Salah satu masalah paling umum yang akan Anda hadapi saat menggunakan Windows Media Player adalah ketika ia menolak untuk membuka . 



Ini sangat aneh karena, dari sedikit penggalian, Anda dapat menemukan bahwa proses yang bertanggung jawab untuk menjalankan Windows Media Player dimulai tetapi semuanya ada di latar belakang. Untuk aplikasi seperti Windows Media Player yang seharusnya memutar audio dan video, itu bukanlah perilaku yang ideal.


Ternyata, masalah di sini pada dasarnya terletak pada antarmuka pengguna grafis aplikasi karena prosesnya berjalan di latar belakang. Ini dapat terjadi ketika proses Windows Media Player sebenarnya tidak responsif dan meskipun dapat berada di bawah daftar proses di Task Manager , pada dasarnya tidak melakukan apa-apa. Selain itu, file dll yang terkait dengan Windows Media Player juga dapat memicu masalah seperti itu di mana Anda harus mendaftarkan ulang file dll masing-masing dan itu akan mulai berfungsi seperti yang biasanya Anda harapkan.


Sekarang setelah kita melewatinya, mari kita selami berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah yang dimaksud dan membuat pemutar media berfungsi. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita masuk ke dalamnya.


Cara Memperbaiki Wondows Media Player Tidak Bisa Di Buka


1. Matikan Proses Windows Media Player


Ternyata, hal pertama yang harus Anda lakukan saat menghadapi masalah yang dimaksud adalah menghilangkan kemungkinan proses yang tidak responsif. Masalah seperti ini sering terjadi pada aplikasi yang berbeda di mana aplikasi tidak dimulai tetapi prosesnya berjalan di latar belakang. 


Ini dapat terjadi ketika proses tidak responsif dan meskipun Anda melihatnya di bawah daftar proses di Pengelola Tugas, sebenarnya tidak melakukan apa pun di latar belakang. Setelah Anda menghentikan prosesnya, Windows Media Player akan dipaksa untuk memulai dari awal yang berpotensi menyelesaikan masalah untuk Anda. Untuk mematikan proses, ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:


  • Pertama-tama, buka jendela Task Manager . Untuk melakukan ini, klik kanan pada bilah tugas Anda dan kemudian pilih Pengelola Tugas dari menu yang muncul.


  • Setelah jendela Task Manager terbuka, di bawah tab Processes , cari proses Windows Media Player .


  • Setelah Anda menemukan prosesnya, pilih dan kemudian klik tombol Akhiri tugas .
  • Anda juga dapat mengeklik kanan proses dan memilih opsi Akhiri tugas dari menu tarik-turun yang muncul.
  • Setelah Anda menghentikan prosesnya, coba buka lagi Windows Media Player untuk melihat apakah masalah tetap ada.


2. Jalankan Pemecah Masalah Pemutaran Video

Jika masalah berlanjut dan Windows Media Player tidak terbuka setelah Anda menghentikan proses, Anda dapat menggunakan pemecahan masalah bawaan yang disertakan dengan Windows. Ada berbagai pemecah masalah yang tersedia untuk Anda untuk memecahkan masalah dengan fungsionalitas berbeda dari sistem operasi Anda. 


Pemecah masalah ini sering membantu dalam memperbaiki masalah sederhana yang mungkin tidak tampak jelas dan mungkin luput dari perhatian Anda. Untuk melakukan ini, ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:


  • Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan dengan menekan kombinasi tombol Windows + I.


  • Setelah jendela Pengaturan muncul, navigasikan ke Perbarui & Keamanan .
  • Kemudian, di sisi kiri, klik opsi Pemecahan Masalah .
  • Pada layar Pemecahan Masalah, klik opsi Pemecah masalah tambahan .


  • Ini akan menampilkan daftar semua pemecah masalah yang tersedia. Gulir ke bawah hingga Anda melihat Pemutaran Video . Jalankan pemecah masalah dan tunggu sampai selesai.


  • Pemecah masalah akan memindai sistem Anda untuk masalah pemutaran video dan mencoba menyelesaikannya.


3. Daftarkan Ulang File DLL 

Ternyata, dalam beberapa kasus, alasan Windows Media Player Anda tidak terbuka mungkin karena file DLL yang terkait. Dynamic Link Library atau file DLL pada dasarnya adalah library yang berisi sekumpulan kode dan bertanggung jawab untuk menjalankan operasi tertentu di sistem operasi Windows. Untuk mendaftarkan ulang file DLL untuk Windows Media Player, ikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini:


  • Pertama-tama, buka jendela command prompt yang ditinggikan. Untuk melakukan ini, buka Start Menu dan cari cmd . Klik kanan pada hasil yang ditampilkan dan pilih opsi Jalankan sebagai administrator .


  • Setelah jendela prompt perintah terbuka, ketik perintah berikut satu per satu dan tekan Enter setelah masing-masing perintah:

regsvr32 vbscript.dll

regsvr32 wmp.dll

regsvr32 jscript.dll


  • Setelah Anda memasukkan semua perintah, coba buka lagi Windows Media Player untuk melihat apakah masalah tetap ada.
  • Instal ulang Windows Media Player

Windows Media Player, bersama dengan banyak aplikasi lain, hadir dengan Windows. Mereka biasanya disebut sebagai fitur dan Anda dapat dengan mudah mengelolanya dari Control Panel . Jika solusi di atas tidak berhasil untuk Anda, Anda dapat menghapus instalan Windows Media Player dan menginstalnya kembali melalui Panel Kontrol dengan mudah untuk melihat apakah itu mengatasi masalah. Untuk melakukan ini, ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:


  • Pertama-tama, buka jendela Control Panel dengan mencarinya di Start Menu .
  • Setelah jendela Control Panel muncul, klik opsi Programs .


  • Di sana, di bawah Program dan Fitur, klik opsi Hidupkan atau matikan fitur Windows .


  • Ini akan memunculkan jendela Fitur Windows. Sekarang, dari daftar fitur, cari Fitur Media dan kemudian perluas.
  • Di sini, Anda akan melihat fitur Windows Media Player dicentang. Hapus centang dan kemudian restart komputer Anda. Ini akan menghapus instalasi Windows Media Player.


  • Setelah komputer Anda restart, lanjutkan dan instal Windows Media Player lagi dengan mengikuti langkah yang sama.
  • Setelah Anda menginstal Windows Media Player, lanjutkan dan mulai ulang komputer Anda lagi. Terakhir, setelah Anda membuat cadangan dan menjalankannya, periksa apakah masalah tetap ada.

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama