Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Audio Spasial untuk Airpods di iPhone

Konten [Tampil]

 Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Audio Spasial untuk Airpods di iPhone  - Teknologi adalah konstan sehari-hari dalam hidup kita. Karena itu juga berkembang dengan pesat, memungkinkan manusia untuk mengalami kehidupan dengan cara yang berbeda. 



Hal ini juga terjadi pada teknologi audio. Teknologi suara imersif yang dulu hanya digunakan di ranah sinema dan teater kini telah merambah kehidupan kita sehari-hari. Format audio tingkat lanjut kini telah menjadi pokok dari layanan streaming musik dan film.


Pelopor terbaru di dunia suara adalah Apple dengan tambahan terbaru untuk pasar yang sudah berkembang, yaitu Spatial Audio. Inilah semua yang Anda butuhkan untuk mengaktifkan Audio Spasial untuk Airpods Anda di iOS 15 di iPhone Anda dan cara menggunakannya.


Namun sebelum kita mempelajari detail tentang cara menggunakan fitur ini, mari kita pahami apa itu dan perbedaannya dari teknologi audio sebelumnya.


Apa itu Audio Spasial?


Audio spasial secara luas digunakan untuk menggambarkan berbagai teknologi audio yang bertujuan untuk pengalaman audio yang imersif. Itu membuat pengguna merasa seolah-olah audio memiliki berbagai sumber dalam lingkungan tertentu, alih-alih saluran audio kiri dan kanan yang saat ini menjadi standar.


Bahkan sistem suara surround memberi Anda pengalaman horizontal, di mana saluran audio kiri dan kanan menghasilkan suara secara independen. Audio spasial, bagaimanapun, akan melakukan hal yang sama sementara juga membuatnya tampak bahwa suara juga datang dari atas.


Misalnya, suara pesawat yang bepergian dalam permainan atau film akan datang dari atas kepala Anda seperti yang terjadi di kehidupan nyata.


Musik menjadi lebih transendental dan menghibur karena Anda akan mendengar instrumen dari sekitar Anda, seperti yang Anda lakukan dalam pertunjukan musik live.


Tetapi sistem suara spasial yang berbeda datang dengan pengalaman yang berbeda karena ada banyak standar audio spasial di luar sana. Untuk beberapa nama; beberapa yang paling populer di pasaran adalah Dolby Atmos, Sony 360 Reality Audio, Apple Spatial Audio, dan DTS:X.


Cara mengaktifkan dan menggunakan Audio Spasial di iPhone

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus terlebih dahulu memperbarui OS iPhone atau iPad Anda ke versi terbaru.


Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan audio spasial


Buka Pengaturan di perangkat Anda dan pilih Musik.



Ketuk Dolby Atmos, di bawah opsi Audio


Anda dapat memilih di antara tiga opsi. Otomatis, Selalu Aktif, atau matikan Dolby Atmos.


Atau, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan audio spasial di AirPods Pro atau AirPods Max Anda. Sayangnya, audio spasial tidak tersedia dalam versi AirPods. 


Selain itu, pastikan AirPods Anda diperbarui ke versi perangkat lunak terbaru.


Untuk mengaktifkan audio Spasial:


Buka Pengaturan, lalu pilih Bluetooth.


Temukan AirPods Pro atau Max Anda dari daftar perangkat Bluetooth. Ketuk ikon 'i' di sebelah perangkat Bluetooth Anda. 


Selanjutnya, nyalakan Audio Spasial di layar berikutnya.


Itu dia. Namun, Anda dapat menguji perbedaan antara audio Spasial dan audio Stereo dengan mengetuk opsi "Lihat & Dengar Cara Kerjanya".


FAQ Audio Spasial:

Persyaratan Audio Spasial:

  • AirPods Pro atau AirPods Max diperbarui ke versi firmware terbaru.
  • iPhone 7 atau lebih baru atau model iPad ini: iPad Pro (11 dan 12,9 inci) dan lebih baru, iPad Air (generasi ke-3), iPad (generasi ke-6) dan lebih baru, iPad mini (generasi ke-5), iOS atau iPadOS 14 atau lebih baru.
  • Konten audiovisual dari aplikasi dan layanan streaming yang didukung.


Bagaimana cara kerja Audio Spasial?

Pembaruan iOS terbaru Apple telah membawa pengalaman bioskop ke kantong Anda sendiri.


Menurut Apple, fitur audio Spasial dicapai dengan menerapkan filter audio terarah dan menyesuaikan frekuensi suara yang diterima setiap telinga. Ini menciptakan pengalaman spasial di mana suara diterima secara virtual dari mana saja di ruang angkasa. 


Ini juga menggunakan akselerometer dan giroskop di ponsel Anda dan AirPods untuk mendapatkan masukan gerakan kepala dan perangkat Anda. Perangkat lunak Audio Spasial kemudian membandingkan data ini untuk memetakan kembali bidang suara guna menciptakan dan mempertahankan efek khusus bahkan dengan kepala Anda bergerak ke arah yang berbeda.


Disebut juga Dynamic head tracking, fitur audio spasial iPhone terbaru ini menghadirkan pengalaman suara 360 derajat.


Apa perbedaan antara audio Stereo dan Spasial?

Audio stereo pada dasarnya adalah ketika suara atau audio direkam melalui dua saluran yang berbeda secara bersamaan. Sinyal dari dua mikrofon digunakan, salah satunya ditetapkan ke saluran kiri dan yang lainnya ditetapkan ke kanan. Efek stereo kemudian dihasilkan oleh sedikit variasi suara di antara kedua saluran ini. Untuk mencapai hal ini, mikrofon ditempatkan pada tingkat dan waktu yang berbeda dengan hanya sedikit perbedaan, tetapi cukup baik untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan dengan memanfaatkan kedalaman dan ruang yang berbeda.


Audio spasial, bagaimanapun, adalah teknik yang menggabungkan suara di mana insinyur audio harus terlebih dahulu memutuskan koordinat x, y, dan z pendengar serta arah yang mereka hadapi. Oleh karena itu, alih-alih suara yang berasal dari saluran ganda, seperti halnya dengan audio stereo, suara audio spasial muncul seolah-olah berasal dari segala arah.


Inilah sebabnya mengapa ini cukup cepat menjadi norma untuk standar audio, dengan banyak perusahaan teknologi audio yang berbeda berusaha memberikan pengalaman terbaik yang mereka bisa kepada pengguna.


Aplikasi apa yang bekerja pada Audio Spasial?

Semua aplikasi seperti YouTube, Spotify , Apple TV, Netflix, dll.


Bisakah Anda mematikan pelacakan kepala dinamis untuk konten audio dan menggunakannya hanya untuk video?

Ya, Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Aksesibilitas > AirPods > Pelacakan kepala.


Tidak dapat menggunakan pelacakan kepala dinamis: cara memperbaiki masalah

Coba atur ulang dan perbarui AirPods Anda, dan mungkin berhasil.


Apakah saya perlu memperbarui AirPod Pro saya juga?

Ya, Anda perlu memperbarui iPhone dan AirPods Pro atau Max Anda ke firmware terbaru agar Audio Spasial berjalan dengan lancar.


Apa versi firmware Airpods Anda saat ini agar berfungsi?

3E751 adalah versi firmware saat ini yang Anda perlukan untuk mengalami Audio Spasial.

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama