Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Chip Tensor Google: Semua Kelebihan yang Perlu Anda Ketahui

Konten [Tampil]

 Chip Tensor Google: Semua yang Perlu Anda Ketahui - Mengakhiri kebocoran dan rumor, Google mengkonfirmasi keberadaan SoC (system-on-chip) khusus untuk ponsel Pixel kemarin. Chip seluler buatan Google pertama disebut "Google Tensor" dan akan memberi daya pada Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang akan datang . 



Meskipun perusahaan belum siap untuk membagikan detail pasti tentang CPU, GPU, dan spesifikasi lainnya, sejauh ini kami telah mengumpulkan apa yang kami ketahui tentang chipset Google Tensor. Jadi, jika Anda ingin tahu apa yang membuat seri Pixel 6 Google mendatang begitu istimewa, baca sampai akhir untuk mempelajari segala sesuatu tentang chip Tensor.


Chip Tensor Google: Semua yang Kami Ketahui Sejauh Ini (2021)

Google Tensor akan eksklusif untuk ponsel Pixel perusahaan, setidaknya itulah rencananya untuk saat ini. Selain itu, perusahaan akan menggunakan Tensor pada ponsel andalannya, sementara Pixel a-series anggaran akan terus menggunakan chipset Snapdragon di masa mendatang. Karena itu, inilah yang diharapkan dari chip Tensor.


Apa itu Chip Tensor Google?

Chip Google Tensor adalah System on a Chip (SoC) pertama Google untuk smartphone. Chipset tersebut akan muncul pertama kali di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akhir tahun ini. Nama Tensor berasal dari chip pembelajaran mesin Google "Unit Pemrosesan Tensor" (atau singkatnya TPU) yang banyak digunakan di pusat data.


Mengapa Google Membuat Chip Ponsel Sendiri?

Sebelum membahas secara spesifik, penting untuk memahami mengapa Google memutuskan hubungannya dengan Qualcomm untuk chipset Snapdragon unggulan dan membuat SoC kustomnya sendiri. Ada tiga alasan utama untuk ini. Mari saya jelaskan.


  • Lebih Banyak Kontrol atas Perangkat Keras

Google sebelumnya telah menggunakan co-prosesor yang dirancang khusus seperti Pixel Visual Core pada seri Pixel 2 dan Pixel 3, Pixel Neural Core pada Pixel 4, dan chip keamanan Titan M. Sementara Google mendapat keunggulan dalam AI dan departemen fotografi komputasi dengan co-prosesor ini, Google masih harus bekerja dengan chip Snapdragon apa pun yang ditawarkan Qualcomm untuk memberi daya pada perangkat Pixel.


Untuk raksasa teknologi seperti Google dengan sumber daya untuk membuat perangkat kerasnya sendiri, membuat SoC internal adalah langkah alami berikutnya. Dengan cara ini, perusahaan dapat menyempurnakan perangkat keras untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan dan menawarkan pengalaman Android yang dioptimalkan. Dan yah, itu akan membuat Google mampu menawarkan pengalaman yang mungkin tidak ada di ponsel Android lain di pasaran.


“Dengan Tensor, kami memikirkan setiap bagian chip dan menyesuaikannya untuk menjalankan model fotografi komputasional Google. Bagi pengguna, ini berarti fitur yang sama sekali baru, ditambah peningkatan dari yang sudah ada,” kata Rick Osterloh, Wakil Presiden Senior, Perangkat & Layanan di Google.


Misalnya, pertimbangkan LaMDA , model bahasa terbaru Google yang ditampilkan awal tahun ini di I/O 2021. Dengan Tensor, Google mungkin bertujuan untuk melakukan tugas-tugas intensif sumber daya di perangkat, sesuatu yang akan meningkatkan pengalaman Asisten Google di Pixel telepon. Tentu saja, ini hanya spekulasi pada saat ini. Kita harus menunggu untuk melihat bagaimana kinerja chipset Tensor.


  • Pembaruan perangkat lunak

Area lain di mana chipset Tensor akan menguntungkan ponsel Pixel 6 adalah pembaruan perangkat lunak. Pembuat smartphone umumnya harus mengandalkan Qualcomm untuk pembaruan firmware sebelum mengeluarkan pembaruan Android terbaru. Apa yang terbaik Qualcomm tawarkan adalah tiga tahun pembaruan OS utama dan empat tahun pembaruan keamanan. Ambil telepon Snapdragon Insiders seharga $ 1.499 yang sangat mahal , misalnya.


Itu bisa berubah dengan Google Tensor. Di udara bahwa jajaran Pixel 6 dapat menawarkan pembaruan Android selama lima tahun . Meskipun masih harus dilihat apakah itu termasuk pembaruan OS atau hanya pembaruan keamanan, ini adalah langkah yang disambut baik bagi pemilik Pixel. Sebagai perusahaan perangkat lunak, Google memiliki aplikasi dan layanan yang cukup untuk menghasilkan uang dari pelanggan, jadi mereka sebaiknya mengambil pendekatan berpusat pada layanan Apple untuk mempertahankan pengguna.


Jika Anda tidak tahu apa artinya, izinkan saya menjelaskan secara singkat. Karena Apple menyediakan pembaruan iOS bahkan untuk perangkat berusia 5 tahun, pengguna memegang iPhone mereka untuk durasi yang lebih lama. Itu berarti lebih sedikit penjualan untuk iPhone baru. Jadi, pikir Apple, bagaimana cara menghasilkan lebih banyak uang dari pengguna iPhone yang sudah ada? Dan di situlah langganan layanan tambahan, termasuk Apple Arcade (vs Google Play Pass) , iCloud+ , Apple TV+ , dan Fitness+, antara lain, masuk. Mereka membantu perusahaan menghasilkan uang tambahan dari pengguna yang ada yang tidak mau untuk meng-upgrade ke iPhone terbaru.


Google sudah memiliki banyak layanan untuk diandalkan, jadi pembaruan perangkat lunak selama lima tahun akan menjadi daya tarik besar bagi penggemar Android.


  • Potensi Ekspansi Ekosistem

Ini mungkin tembakan panjang, tetapi bagaimana jika Google memposisikan chipset Tensor ini sebagai alternatif chip M1 Apple? Kita mungkin akan melihat lebih banyak jam tangan pintar, pengeras suara pintar, dan bahkan Chromebook yang menjalankan silikon Google di bawah kap. Akan menarik untuk melihat bagaimana chip Tensor bertahan untuk mengetahui potensi chipset di luar smartphone.


Google Tensor: CPU


Sayangnya, Google belum mengungkapkan semua detail inti dari chipset Tensor. Kami akan memperbarui posting ini ketika itu terjadi. Tetapi untuk saat ini, kita harus mengandalkan bocoran dan rumor Whitechapel , yang merupakan nama kode internal chip Tensor, untuk spesifikasinya. Dengan demikian, inilah yang diharapkan dari sisi CPU Google Tensor.


Berdasarkan bocoran, chip Tensor pertama akan dibuat pada proses 5nm . Ini kemungkinan akan menjadi chipset octa-core yang dibuat bekerja sama dengan divisi SLSI Samsung Semiconductor. Google Tensor dapat menampilkan 3 penyiapan cluster dengan TPU (Tensor Processing Unit). Rumor awal menunjukkan bahwa chip Tensor dapat memiliki dua inti Cortex-A78, dua inti Cortex-A76, dan empat inti Cortex-A55 . Namun, ia mungkin juga memiliki inti A78 tunggal, tiga inti Cortex-A78, dan empat inti Cortex-A55 seperti Exynos 1080. Kita harus menunggu Google menjelaskan spesifikasi Tensor untuk mengetahui dengan pasti.


Google Tensor: GPU

Berdasarkan laporan tentang Pengembang XDA, chip Tensor dapat menampilkan GPU Mali-G78 berdasarkan arsitektur Valhall ARM. Ini adalah GPU yang sama yang digunakan dalam versi Exynos dari seri Samsung Galaxy S21. Sementara Samsung menggunakan varian 14-core GPU Mali-G78 untuk Galaxy S21, masih harus dilihat berapa banyak core yang akan dimiliki GPU Tensor. Kami telah melihat Huawei menawarkan GPU Mali-G78 dengan 24 core pada chip Kirin 9000 di perangkat selulernya.


Google Tensor: AI & ML

AI & ML adalah dua area inti di mana chip Google Tensor kemungkinan akan bersinar. Menurut perusahaan, Anda dapat mengharapkan peningkatan pada kamera (terutama video), pengenalan suara, perintah suara, terjemahan, teks, dan dikte. Satu kasus penggunaan praktis yang ditunjukkan Google dalam posting blognya adalah bagaimana chip Tensor dapat membantu Pixel 6 menangkap gambar subjek bergerak yang lebih baik .


Selain itu, Google mengundang beberapa publikasi untuk sesi langsung dengan seri Pixel 6 dan mendemonstrasikan beberapa kemampuan AI perangkat. Pertama, mari kita bicara tentang fasilitas foto dan video. Pixel 6 akan memungkinkan Anda mempertajam gambar buram dan merekam video HDR yang menantang dengan mudah, berkat chip Tensor. Perusahaan membandingkan rekaman video HDR dari Pixel 6 dengan Pixel 5 dan iPhone 12 Pro Max, dan sesuai sesi langsung, video Pixel 6 terlihat yang terbaik. Demo lainnya memamerkan kemampuan text-to-speech dan teks langsung dari perangkat, yang sekarang lebih akurat dan lebih cepat berkat chip Google Tensor.


Google Tensor: Keamanan

Dari segi keamanan, chipset Tensor dilengkapi dengan chip keamanan Titan M2 yang baru. Dengan Titan M2, Google mengatakan bahwa Pixel 6 akan memiliki lapisan keamanan perangkat keras paling banyak di ponsel mana pun . Itu didasarkan pada jumlah subsistem dan komponen keamanan perangkat keras independen.


Google Tensor: Tolok Ukur

Karena Google belum secara resmi mengungkapkan detail apa pun tentang chip Tensor, termasuk skor benchmark, kami belum mengetahui skor benchmark Tensor. Namun, yang kami ketahui adalah bahwa chip khusus Google diduga cocok dengan kinerja Snapdragon 870, menurut keterangan rahasia Max Weinbach . Jadi, kita bisa menebak dengan baik di mana chip Tensor akan berdiri di antara para pesaingnya.


Chipset Snapdragon 870 pada OnePlus 9R mencetak 674.104 poin pada benchmark AnTuTu, dan itu seharusnya mendekati skor benchmark Google Tensor. Itu lebih rendah dari skor 842.168 yang Anda dapatkan pada Redmagic 6 yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 888, tetapi lebih tinggi dari skor 617.694 chip A14 Bionic Apple pada iPhone 12 Pro Max. Tentu saja, tolok ukur ini juga bergantung pada spesifikasi perangkat lainnya dan harus diambil dengan sebutir garam.


Google Tensor vs Snapdragon 888 vs Apple A14 Bionic

Untuk meringkas semuanya, mari kita lihat sekilas bagaimana chip Google Tensor yang akan datang dibandingkan dengan chip unggulan Snapdragon 888 dan Apple A14 Bionic.

Google Tensor Snapdragon 888 A14 Bionic


CPU Tensor, CPU octa-core Kryo 680, CPU Octa-core CPU hexa-core

Core CPU 2x inti Cortex-A78

2x inti Cortex-A76

4x inti Cortex-A55

ATAU

1x inti Cortex-A78

3x inti Cortex-A78

4x inti Cortex-A55 1x 2.84GHz (Korteks-X1)

3x 2.4GHz (Korteks A78)

4x 1.8GHz (Korteks A55) 2x 3GHz

(Badai Api) 4x 1.8GHz (Badai Es)

Proses teknologi 5nm Samsung 5nm Samsung 5nm TSMC

GPU 14-core Mali-G78 Adreno 660 GPU empat inti rancangan Apple

Pembelajaran Mesin dan AI NPU internal, hingga 5,7 TOPS (diharapkan) Akselerator AI generasi ke-6 menampilkan Hexagon 780 DSP Mesin Neural 16-core

ISP versi upgrade dari Neural Core? Spektrum 580 Prosesor Sinyal Gambar rancangan Apple

Kemampuan Kamera setidaknya hingga 50MP; tidak ada detail konkret Hingga 200MP; Kamera rangkap tiga 28 MP dengan Zero

Shutter Lag; Triple 14-bit ISP T/A

Kemampuan Video Perekaman 4K (diharapkan) 8K @ 30 FPS, 4K HDR Dolby @ 60FPS, 720p @ 960FPS 4K HDR Dolby @ 60FPS

Pengisian Pengisian Cepat Pengisian Cepat 5 (100W+) Pengisian Cepat

Modem Modem 5G internal Samsung

ATAU modem

Snapdragon X55 5G Qualcomm X60 5G Modem 7.5 Gbps Peak Download 3 Gbps Peak Upload Qualcomm X55 5G Modem 7.5 Gbps Peak Download 3 Gbps Peak Upload

Dukungan WiFi Wi-Fi 6E-siap (diharapkan) Wi-Fi 6E-siap Wi-Fi 6-siap

Bluetooth Bluetooth 5.2 (diharapkan) Bluetooth 5.2 Bluetooth 5.0


Google Tensor: SoC Seluler Pertama Google

Jadi, hanya itu yang kami ketahui tentang chip Google Tensor saat ini. Seperti yang Anda lihat, Google telah memilih untuk tetap bungkam tentang spesifikasi Tensor, membuat kami mengandalkan kebocoran dan rumor masa lalu. Kita harus menunggu hingga akhir musim gugur ini untuk mempelajari semua spesifikasi pasti dari Tensor. Sampai saat itu, lihat semua yang perlu Anda ketahui tentang Pixel 6 dan fitur Android 12 terbaik .



Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama